Kamis, 06 Juni 2013

RAJAB BULAN ALLAH SWT


Layak diketahui bahwa bulan Rajab ialah salah satu bulan
yang mulia. Beribadah pada bulan itu mendapatkan pahala yang besar. Terutama berpuasa, istighfar, bertaubat dari segala dosa. Pada malam pertama bulan Rajab, dianjurkan untuk banyak berdo'a karena pada waktu itu do'a akan mudah diijabahi. Rasulullah saw bersabda, "Ada lima malam yang tidak akan ditolak suatu do'a; malam pertama bulan rajab, malam nisfu sya'ban, malam jum'at, malam idul fitri, dan malam idul adha"[1] 
Sebagaimana diketahui, pada malam kedua puluh tujuh dari bulan mulya ini Nabi Muhammad saw melaksanakan perjalanan isra'. Bulan Rajab merupakan bulan asyhurul hurum yang terpisah sendiri dibanding yang lain. Allah swt berfirman :
﴿إن عدة الشهور عند الله اثنا عشر شهرًا في كتاب الله يوم خلق السموات والأرض منها أربعة حرم﴾
Sesungguhnya bilangan bulan-bulan di sisi Allah itu ada dua belas bulan(sebagaimana termaktub) dalam kitabullah ketika diciptakannya langit dan bumi. Diantara dua belas itu ada empat bulan yang mulya.
Empat bulan itu yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Jadi asyhurul hurum tiga bulan berurutan dan satu terpisah yaitu Rajab.
Dahulu, pada masa permulaan islam, dilarang berperang ketika bulan asyhurul hurum. Kemudian ketetapan itu dirubah seiring dengan diturunkannya ayat:
﴿اقتلوا المشركين حيث وجدتموهم﴾
Perangilah kaum musyrikin dimanapun kalian temui.
  Akan tetapi kemulyaan bulan ini menjadi tetap dengan dilipatgandakan pahala ketaatan dan dosa kemaksiatan pada bulan tersebut. Semoga Allah swt menjaga kita semua.
Rajab ialah bulan melimpahnya cucuran rahmat Allah swt bagi hamba-Nya yang mau bertaubat. Sehingga Allah swt menerima segala taubat dari makhluk-Nya dengan cahaya-Nya. Bahkan bulan ini juga dinamai dengan bulan tuli karena pada bulan tersebut tidak pernah didengar adanya peperangan. Ada juga yang menamainya dengan bulan rajam (lemparan), karena pada bulan Rajab, setan dan musuh-musuk dilempari sehingga mereka tidak bisa mengganggu kekasih Allah swt dan hamba-hamba-Nya yang saleh. Nabi Muhammad saw bersabda:
«رجبٌ شهر الله، وشعبان شهري، ورمضان شهر أمتي»
Rajab bulan Allah swt, Sya'ban bulanku, dan Ramadhan bulan umatku[2]   
Para ulama berkata, "Rajab bulan istighfar, Sya'ban bulan shalawat kepada baginda Nabi Muhammad saw, dan Ramadhan bulan al-Quran. Maka giatlah kalian pada bulan Rajab karena ia ialah musim berdagang. Luangkanlah waktu kalian untuk beribadah pada bulan itu adalah musim panen. Wahai para pedagang, musim kalian telah dating. Wahai orang yang sakit karena dosanya, obat-obat telah dibawakan bagi kalian".
Wahb bin Munabbih pernah mengatakan, " Semua sungai dunia akan bertemu dengan air zam-zam pada bulan Rajab semata-mata karena memulyakan bulan mulya ini". Penulis pernah membaca dalam salah satu kitab yang diturunkan Allah swt, bahwa orang yang memohon ampun pagi dan sore pada bulan Rajab seraya mengangkat kedua tangannya dan berdo'a:
اللهم اغفر لي وارحمني وتب عليّ
Ya Allah ampuni aku, sayangi aku, dan terimalah taubatku
Dibaca sebanyak 70 x, insya Allah kulitnya tidak akan tersentuh api neraka. Semua ini, penulis rangkum dari kitab Tuhfah al-Ikhwan fi Qiraat al-Mi'ad fi Rajab wa Sya'ban wa Ramadhan karya al-Fasyini ra. Telaahlah kitab tersebut yang menerangkan bab ini dengan sangat bagus sekali.
Dalam kitab al-Ghunyah, Syeikh Abdul Qadir al-Jailani menyebutkan, doa yang dianjurkan untuk dipanjatkan pada malam pertama bulan Rajab yaitu;
(إلهي تعرَّض لك في هذه الليلة المتعرِّضون، وقصدك القاصدون، وأمل فضلك ومعروفك الطالبون؛ ولك في هذه الليلة نفحاتٌ وجوائزُ، وعطايا ومواهبُ، تَمُنّ بها على من تشاءُ من عبادك، وتمنعها ممن لم تسبق له العناية منك، وهأنذا عبدك الفقيرُ إليك، المؤمل فضلك ومعروفك، فإن كنت يا مولايَ تفضلت في هذه الليلة على أحد من خلقك، وجُدتَ عليه بعائدَة من عطفك، فصلّ على سيدنا محمد وآله وصحبه، وجُدْ عليَّ بطَولك ومعروفك يا رب العالمين).

Sy. Ali bin Abi Thalib banyak mengahabiskan waktunya untuk beribadah terutama pada empat malam dalam satu tahun; malam pertama bulan Rajab, malam idul fitri, malam idul adha, dan malam nisfu Sya'ban. Pada malam-malam tersebut beliau berdo'a:
اللهم صل على محمد وآله مصابيح الحكمة، وموالي النعمة، ومعادن العِصمة، واعصمني بهم من كل سوء، ولا تأخذني على غِرَّة، ولا على غفلة، ولا تجعل عواقب أمري حسرةً وندامة، وارض عني؛ فإن مغفرتك للظالمين، وأنا من الظالمين. اللهم اغفر لي ما لا يضرك، وأعطني ما لا ينفعك، فإنك الواسعة رحمته، البديعةُ حكمته، فأعطني السَّعة والدَّعة، والأمن والصحة، والشكر والمعافاة والتقوى، وأفرِغِ الصبر والصدق عليّ وعلى أوليائك، وأعطني اليُسر، ولا تجعل معه العسر، واعمم بذلك أهلي وولدي وإخواني فيك، ومن ولدني، من المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات. اهـ.

As-Sayid Hasan bin Abdullah bin Alawi al-Haddad telah menghimpun lafadz-lafazd istighfar yang dinamai dengan do'a istighfar bulan Rajab. Do'a ini memiliki banyak fadhilah dan barakah. Yaitui  doa sebagai berikut:
بسم الله الرحمن الرحيم، وصلى الله تعالى على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم، أستغفر الله (ثلاثا)، وأتوب إلى الله مما يكره الله قولا وفعلا، وخاطرًا، وباطنا وظاهرا، أستغفر الله العظيم الذي لا إله إلا هو الحيَّ القيومَ وأتوب إليه، اللهم إني أستغفرك لما قدّمتُ وما أخرت، وما أسررت وما أعلنت، وما أنت أعلم به مني، أنت المقدِّم وأنت المؤَخّر، وأنت على كل شيء قديرٌ. أستغفر الله ذا الجلال والإكرام من جميع الذنوب والآثام. أستغفر الله لذنوبي كلها، سرِّها وجهرها، وصغيرها وكبيرها، وقديمها وجديدها، وأوَّلها وآخرها، وظاهرها وباطنها، وأتوب إليه. اللهم إني أستغفرك من ذنب تبتُ إليك منه ثم عدت فيه، وأستغفرك لما أردت به وجهك الكريم فخالطه ما ليس لك فيه رضًا، وأستغفرك لما وعدتُك به من نفسي ثم أخلفتك فيه، وأستغفرك لما دعاني إليه الهوي من قِبل الرُّخص مما اشتبه عليّ وهو عندك حرامٌ، وأستغفرك يا من لا إله إلا أنت، يا عالِم الغيب والشهادة من كل سيئة عملتها، في بياض النهار وسواد الليل، في ملاءٍ وخلاءٍ، وسرّ وعلانية وأنت ناظرٌ إليّ إذا ارتكبتها، وأتيتُ بها من العصيان، فأتوب إليك يا حليمُ يا كريمُ يا رحيمُ. وأستغفرك من النعم التي أنعمتَ بها عليّ فتقوَّيتُ بها على معصيتك وأستغفرك من الذنوب التي لا يعرفها أحدٌ غيرك، ولا يطلع عليها أحدٌ سواك ولا سيعها إلا حلمك، ولا ينجيني منها إلا عفوك، وأستغفرك لكل يمين سلفتْ مني فحنِثْتُ فيها وأنا عندك مؤَاخَذٌ بها. وأستغفرك يا من لا إله إلا أنت سبحانك إني كنتُ من الظالمين، فاستجبنا له ونجيناه من الغمّ وكذلك ننجي المؤمنين. وزكريا إذ نادى ربه ربِّ لا تذرني فردًا وأنت خير الوارثين. رب اغفر وارحم وأنت خير الراحمين. وأستغفرك من كل فريضة أوجبتها عليّ في آناء الليل وأطراف النهار فتركتها خطأ أو عمدًا أو نسيانًا أو تهاوُنًا أو جهلا وأنا معاقبٌ بها. وأستغفرك من كل سنة من سنن سيد المرسلين، وخاتم النبيين نبيك سيدنا محمد صلى  الله عليه وسلم فتركتُها غفلةً أو سهوًا أو نسيانا أو تهاوُنا أو جهلا أو قلةَ مبالاةٍ بها. وأستغفرك يا من لا إله إلا أنت وحدك لا شريك لك، وأن محمدًا عبدك ورسولك، سبحانك يا رب العالمين، لك الملك ولك الحمد، وأنت حسبنا ونعم الوكيل، ونعم المولى ونعم النصير، ولا حول ولا قوة إلا بالله العليّ العظيم. يا جابر كل كسير، ويا مؤنس كل وحيدٍ، ويا صاحب كل غريب، ويا ميسّر كل عسير، يا من لا يحتاجُ إلى البيان والتفسير، وأنت على ما تشاء قديرٌ، وصلى الله تعالى على سيدنا محمد بعدد من صلى عليه، وبعدد من لم يصل عليه. اللهم صل على روح سيدنا محمد في الأرواح. اللهم صل على تربة سيدنا محمد في التراب. اللهم صل على قبر سيدنا محمد في القبور. اللهم صل على صورة سيدنا محمد في الصور اللهم صل على اسم سيدنا محمد في الأسماء، ﴿ لقد جاءكم رسول من أنفسكم عزيز عليه ما عنتم حريصٌ عليكم بالمؤمنين رؤوف رحيم، فإن تولَّوا فقل حسبي الله لا إله إلا هو عليه توكلت وهو رب العرش العظيم ﴾، وصلى الله تعالى على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم.
Jangan lupa untuk membaca sayyidul istighfar yang dating dari Nabi Muhammad saw, yaitu:
اللهم أنت ربي لا إله إلا أنت خلقتَني، وأنا عبدُك وأنا على عهدك ووعدِك ما استطعتُ، أعوذ بك من شرِّ ما صنعتُ، وأبوء لك بنعمتك عليّ، وأبوء بذنبي فاغفر لي، فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت
Istighfar diatas dibaca pagi dan sore sebanyak tiga kali.
Dinukil dari Syeikh Ali al-Ajhuwuri ra. bahwa orang yang membaca :
أحمدُ رسول الله محمدٌ رسول الله
sebanyak   35 x pada jum'at terakhir bulan Rajab ketika khatib diatas mimbar, maka tangannya tidak akan pernah lepas dari uang pada tahun itu, insya Allah.
NB:
Salat raghaib ( salat 12 raka'at antara maghrib dan isya' pada malam pertama bulan Rajab ) termasuk bid'ah yang tercela. Jangan sampai anda melakukannya. Akan tetapi gantikanlah dengan salat awwabin, salat tasbih, ataupun salat sunah mutlak yang kesemuanya tanpa berjamaah dengan jumlah rakaat yang tidak ditentukan.   



[1] HR. As-Suyuthi dari Ibnu Asakir dari Abu Umamah ra di kitab al-Jami' as-Shagir.
[2]HR. As-Suyuthi dalam kitab al-Jami' as-Shagir
Poskan Komentar