Jumat, 09 November 2012

Sang Maha Pembangkit


Al-Ba’its ( Sang Maha Pembangkit )
Kata yang terdiri dari ba’, ‘ain dan tsa’  memiliki beberapa makna
, yaitu pembangkitan, mengutus seseorang atau membangkitkannya menuju suatu tempat, mendorong binatang untuk melaju, atau menghidupkan kembali makhluk yang telah mati dan membangkitkan mereka dari kubur.
Imam Al-Qurthubi menyimpulkan bahwa kata ba’atsa mengandung makna menggerakkan yang diam dan menampakkan yang tersembunyi.
Kata Al-Ba’its tidak ditemukan dalam Al-Quran, yang ada hanya kata kerjanya saja dalam berbagai macam bentuk yang disebutkan sebanyak sepuluh kali, dan pelaku pekerjaan tersebut adalah  Allah swt.  makna yang paling banyak dikandung kata ini ialah membangkitkan dari kubur dan hari kemudian. Sebagaimana dalam QS : Al-Hajj : 7 ;
  
 Walaupun tidak keliru jika kata dipahami dalam arti luas yang dicakup oleh makna-makna yang wajar disandang oleh Allah swt., seperti membangkitkan dari tidur atau membangkitkan semangat dan sebagainya. Apalagi kata “hidup” dan “mati” tidak hanya digunakan oleh Al-Quran terhentinya denyut jantung atau tidak berfungsinya otak, tetapi juga digunakan dalam arti kematian hati dan hilangnya semangat juang.
 kata ini juga memilki makna mengutus para rasul. Sebagaimana termaktub dalam QS: Yunus ; 74 :

Yang meneladani sifat Allah ini, disamping dituntut meyakini adanya hari kebangkitan, dia juaga dituntut agar dapat membangkitkan jiwanya, sehingga hidup dengan akidah yang benar, ilmu pengetahuan yang luas serta semangat juang yang membara. Selanjutnya dia berkewajiban menghidupkan orang lain dengan mengajar mereka pengajaran bermanfaat untuk dunia dan akhirat, serta menanamkan rasa percaya diri dan semangat juang pada mereka.

Poskan Komentar